Indahnya Wisata Kepulauan Bangka Belitung

Belitung merupakan salah satu provinsi di Sumatra yang di kenal sbagai salah satu penghasil timah terbesar di indonesia. Awalnya, tidak banyak yang mengetahui tentang potensi alam yang di miliki Bangka Belitungselain pertambangan timah yang memang sudah menembus pasar internsional dan di akui sebagai penghasil timah dengan kualitas terbaik di dunia. Dan bukan hanya itu saja Bangka Belitung memiliki tempat wisata yang wajib di kunjungi bila anda singga ke Bangka Belitung.

Pantai Batu Kodok

Jika Pulau Belitung memiliki banyak apantai yang unik dan menarik, begitu paula pulau Bangka yang juga memiliki pantai yang tak kalah menariknya, salah satunya adalah pantai Batu kodok. Pantai ini memiliki banyak bebatuan di pinggir pantai dan ada salah satu batu yang sangat besar.

Batu ini menjadi sangat terkenal karena menjadi salah satu adegan yang paling di ingat di filem laskar pelangi, yaitu ketika ke sepuluh anak alaskar pelangi berdiri di atas batu itu.

Kawasan Terumbu Karang

Bangka belitung yang memiliki banyak pantai menjadikan pulau ini memiliki potensi wisata bawah laut yang sangat besar, salah satunya adalah terumbu karang yang biasa di jadikan lokasi wisata bawah laut.

Kawasan terumbu karang itu terdiri dari terumbu karang Batu Suar, Terumbu karang batu malang, terumbu karang luar 1, dan terumbu karang pinggan

Pantai tanjung Pendan

Terletak di jantung ibukota Kabupaten belitung, Tanjungpandan. memiliki keindahan yang bisa membuat anda berdecak kagum. pantai ini hari demi hari semakin di percantik oleh pihak pemerintah setempat yang tidak lain tujuanya adalah untuk menarik para wisatawan semua kalangan. di pantai ini sering di adakan even-even tertentu.

Sepanjang pengamatan saya, pantai ini tidak pernah sepi dari pengunjung. Yang paling padat adalah pada saat liburan ahir pekan. Banyak tulisan di internet yang mengatakan bahwa pantai ini adalah salah satu tempat sempurna untuk menyaksikan dan mengabadikan matahari terbenam atau sunset.

Pulau Lengkuas Belitung

adalah salah satu obyek wisata yang terkenal di pulau Belitung. Pulau ini terletak di sebelah utara Pulau Belitung kira-kira 4 mil laut pantai dari Tanjung Kelayang. Waktu tempuh perjalanan sekitar 30 menit menggunakan bot nelayan, tapi jangan khawatir karena boatnya cukup kuat dan nelayanya sudah hafal betul kondisi laut di sana.

Banyak hal menarik yang dapat kita nikmati di pulau ini. Mercusuar yang ada adalah peningglana zaman Belanda , di dirikan pada tahun 1882 dengan ketinggian kurang lebih 50 meter, anda bisa naik ke atas mercusuar dengan menaiki anak tangga dan melihat keindahan panorama di atas ketinggian 50 meter.

Anda akan merasa seperti burung yang melayang di atas bebatuan dan pantai. Keindahan ini tak dapat di lukiskan dengan kata-kata dan saya yakin anda akan merasakan keunikan yang berbeda dari sebelumnya. Dalam paket perjalanan kami ini adalah salah satu andalan yang kita jumpai.

Sebelum kita menginjakan kaki di Pulau Lengkuas kita akan singgah dulu di beberapa titik persinggahan seperti Pulau Batu berlayar dan d pulau Garuda.

Vihara Dewi Kwan Im Belitung

Vihara budhayana Dewi Kwan Im Desa burung Mandi, Kabupeten Belitung Timur lebih dari dua setengah abad lalu tepatnya sekitar tahun 1747, seorang nelayan menemukan patung Buddhs Bodhisttwa yang dalam posisi setengah tenggelam di pasir pantai. Patung ini di temukan di pantai di sebuah desa yang sekarang bernama desa burung mandi.

Penemuan patung tersebut segera menjadi buah bibir dan menyebar ke seluruh penjuru. Setelah berita menyebar, orang-oreng percaya bahwa itu adalah kehendak dari yang maha kuasa untuk membantu dan melindungi mereka dari roh jahat. jadi mereka membangun vihara di sana untuk memenuhi keinginan yang maha kuasa.

Orang-orang menyebutnya Vihara Burung Mandi atau Vihara dewi kwan in, meskipun sejatinya vihara ini beranama vihara Buddhayana sebagaimana yang tertulis di pintu gerbang masuk vihara. Kwan Im sendiri bagi yang percaya adalah nama sang dewi yang selalu siap membantu orang keluar dari penderitaan yang di sebabkan oleh segala jenis bencana.

Inilah lokasi yang wajib kamu kunjungi ketika berlibur di Bangka belitung. Kebanyakan wisata yang di tawarkan adalah wisata laut, namun jangan khawatir akan bosan karena setiap laut memiliki ciri khas yang berbeda dan akan memberikan kesan tersendiri bagi petualanganmu di Bangka Belitung.