Honda Selalu Mengerti Apa Yang Kita Butuhkan

Moderenisasi sekarang tak luput dari peranan berbagai pihak mulai dari Teknologi Informasi dan Komunikasi dan tak lupa dengan Teknologi Transportasi. Banyak dari mereka yang menemukan inovasi baru untuk di berikan kepada masyarakat agar lebih memudahkan dalam melakukan berbagai macam kegiatan.

Honda adalah salah satu dari sekian banyak yang memberikan berbagai inovasi terbaru, khususnya di bidang Transportasi. Tidak hanya desain yang selalu inovatif tetapi dari teknologipun kian canggih. Sehingga kita takan pernah merasa bosan ketika menggunakan berbagai macam produk dari honda. Ada beberapa teknologi pintar terbaru dari Honda atau yang lebih kita kenal dengan Hondasmarttech.

Berikut adalah beberapa inovasi yang di berikan Honda

1. Honda PGM-FI

Teknologi PGM-FI adalah salah satu teknologi ramah lingkungan. Prinsip kerja dari teknologi ini adalah dengan menekan dan mengurangi gas buang yang di keluarkan oleh kendaraan bermotor. Selain itu dengan teknologi ini kendaraan bermotor akan menjadi lebih irit.
Keunggulan dari teknologi PGM-FI
  1. Ramah lingkungan karna emisi gas buang rendah
  2. Sangat irit bahan bakar lebih dari 30%
  3. Tenaga lebih optimal
  4. Perawatan lebih mudah
  5. Mesin lebih mudah di hidupkan
  6. Akselerasi lebih responsif
Di dalam teknologi PGM-FI juga terdapat Malfungtion Indicator Lamp (MIL) yang berfungsi sebagai indikator jika terdapat gangguan di mesin. Cara mendeteksinya yaitu dengan melihat banyaknya kedipan lampu yang ada, sehingga akan memudahkan pengguna dalam perawatan motornya.

Selain itu teknologi pintar lainya adalah ECU (Elektronik Control Unit) adalah teknologi dimana terdapat sensor yang berfungsi mengukur temperatur udara luar, sensor tekanan udara, temperatur mesin dan temperatur pelumas. Prinsip kerja dari teknologi ini adalah dengan cara mengirimkan sinyal ke pusat control mesin Engine Control Module melalui berbagai komponen sensor yang terdapat di dalamnya, lalu sinyal tersebut memberikan perintah kepada komponen lain di dalam mesin sehingga dapat memberikan kinerja yang optimal.

2. Teknologi Idling Stop System (ISS)

Dengan komitmen Honda sebagai produsen yang perduli terhadap lingkungan salah satunya dengan memberikan teknologi pintar Idling Stop System (ISS) pada produk motor andalanya. Salah satu dari produk yang telah menggunakan teknologi ini untuk jenis matic adalah Honda Beat dan Honda Vario.

Teknologi idling stop syistem adalah sistem yang di gunakan untuk mematikan mesin secara otomatis ketika berhenti sejenak atau pada saat berada di lampu merah. Dengan teknologi ini maka akan menghemat untuk pemakaian bahan bakar dan pengeluaran emisi gas buang. Selain itu kinerja mesin menjadi lebih efisien, hemat bahan bakar dan ramah lingkungan.

Cara kerja dari Teknologi Idling Stop System (ISS) 

Sangat mudah untuk menggunakan teknologi ini yaitu cukup dengan memastikan telah menekan tombol idling stop, maka motor akan otomatis mati ketika berhenti. Dengan indikasi lampu di Speedometer akan berkedip.

Ada beberapa syarat dalam untuk Idling Stop bisa bekerja.
  1. Tekan tombol pada posisi Idling Stop
  2. Temperatur mesin lebih dari 60 drajat celsius
  3. Putaran mesin setandar 1700 rpm +/- 100
  4. Handle gas (throttle) dalam kondisi tertutup penuh
  5. Motor telah mencapai kecepatan lebih dari 10 km/jam
  6. Motor dalam kondisi berhenti setidaknya selama 3 detik, sehingga lampu indikator akan berkedip dan mesin otomatis akan mati.
Dengan adanya teknologi pintar Idling stop ini, jumlah emisi bahan bakar bisa di kurangi sebanyak 7%  di bandingkan dengan yang belum menggunakan teknologi ini.

3. Teknologi Combi Brake System

Combi Brake System (CBS) adalah sistem yang menggabungkan pengereman antara rem depan dan rem belakang. Hanya dengan menekan tuas sebelah kiri maka akan otomatis rem depan dan belakang berfungsi secara bersamaan. Dengan teknologi pintar ini pengguna dapat melakukan pengereman dengan jarak yang lebih pendek denagn bobot pengereman seimbang antara rem depan dan rem belakang.

Cara kerja CBS
ketika rem tuas kiri di tekan, seketika equalizer gaya akan bekerja mendistribusikan tenaga tadi menjadi dua, yang satu menuju rem bagian belakang yang satu menuju tuas ungkit. Gunanya untuk menekan knocker yang akan menekan piston hidrolik kemudian akan bereaksi mengaktifakn rem cakram depan. Secara otomatis maka pengereman akan terbagi menjadi dua yaitu pada rem depan dan belakang.

4. Teknologi ESP 
Teknologi ESP (Enhanced Smart Power) adalah rangkaian mesin generasi terbaru untuk jenis matic Honda. Teknologi ini menambah efisiensi pembakaran dan mereduksi energi yang terbuang. Dengan teknologi ini maka motor matic akan menghasilkan efisiensi bahan bakar dan performa kendaraan yang tinggi saat berkendara.

Berikut adalah komponen yang terdapat pada teknologi ESP
  1. ACG Starter adalah teknologi untuk mengurangi gesekan saat menghidupakan mesin, sehingga mesin akan lebih halus saat di hidupkan sekaligus mendukung teknologi ISS (Idling Stop System)
  2. Offset Cylinder adalah teknologi yang berfungsi untuk mengurangi gesekan antara piston dan silinder dengan cara mengatur ulang posisi silinder dan Cranckshaft
  3. Roller Type Rocker Arm adalah teknologi dengan menggunakan Shell Type Needle Bearing sebagai poros sehingga dapat mengurangi gesekan dan mengurangi beban pegas katup
  4. Spinny Sleeve adalah tekstur berduri dinding silinder yang menjaga bentuk lingkaran sempurna sehingga dapat mengurangi distorsi dan kerugian akibat gesekan lainya. 
  5. Squish adalah berfungsi agar pengapian lebih baik dan pembakaran lebih cepat
  6. Tumble berfungsi agar penyebaran bahan bakar merata dan menjadikan pembakaran menjadi lebih baik.
Keunggulan Teknologi ESP
  1. Lebih hemat bahan bakar
  2. Performa tinggi
  3. Lebih ramah lingkungan
 5.  Fiture Parking Brake Lock

Honda juga memberika fitur safety untuk membantu pengamanan motor penggunanya. Yaitu untuk membantu pengereman pada motor pada saat di parkir di tanjakan maupun di turunan. fiture Parking brake lock ini pada dasarnya seperti layaknya rem tangan.

Sistem kerjanya sangat sederhana yaitu dengan cara menarik tuas rem belakang pada motor Honda, Kemudian tekan tuas kecul yang berada di depan tuas rem tersebut. Maka rem belakang akan terkunci secara otomatis. 

6. Teknologi Answer Back System 

Pernahkah ketika memarkirkan sepeda motor, kita lupa dimana meletakan motor kita. Kini dengan teknologi pintar dari Honda sekarang bisa menjadi lebih mudah. Apa lagi ketika kita lupa menempatkan posisi motor di tempat parkir umum. 

Beberapa motor keluaran terbaru yang memiliki fitur ini adalah Honda Vario 110 FI dan bahkan new Honda Scoopy-FI. Kedua motor ini telah memiliki fiture canggih dengan nama Answer Back System. Fitur ini sangat membantu penggunanya terutama di tempat parkir umum.

Dengan cara menekan tombol remot yang berada satu dengan kunci, motor akan memberi respon dengan suara dan semua lampu sein akan menyala. Cukup menarik memang, jika kalian tertarik silahkan beli motor yang sudah memiliki fitur ini.

7. Fitur AHO Pada Motor Honda

Fiture AHO (Automatic Headlight On) adalah fitur di mana lampu utama pada motor akan tetap menyala  secara otomatis sejak motor di hidupkan. Memang pada fitur ini menghilangkan tombol saklar lampu pada motor umumnya. Dan di ganti dengan saklar dimmer untuk mengurangi suhu panas pada lampu depan.

Pada dasarnya fitur ini adalah untuk mendukung program pemerintah yaitu untuk selalu menyalakan lampu utama di siang hari maupun malam hari khususnya pengendara sepeda motor. Manfaatnya untuk mengurangi resiko kecelakaan lalulintas akibat kelalaian pengendara yang tidak menyadari adanya pengendara lain di depan ataupun di blakangya.

Itulah beberapa fitur dan teknologi terbaru yang di berikan Honda kepada seluruh penggunanya agar tetap merasa nyaman dalam berkendara. Semoga bermanfaat.

1 komentar:

Author
avatar

Semoga menang kak.. kunjungi ya, http://ecenswife.blogspot.com/

Balas